Soal UAS UT Ilmu Administrasi Negara MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan

Soal UAS UT Ilmu Administrasi Negara MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan


Hai Sahabat ! Bagaimana Kabarnya .. oke pada kesempatan ini Admin akan membagikan soal-soal UAS Universitas Terbuka Prodi Ilmu Administrasi Negara mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111 lengkap dengan kunci jawabanya dong pastinya...
Soal Ujian admin bagikan ini  adalah hasil rangkuman dari modul yang anda peroleh dari UT. Untuk bahan persiapan Ujian ini sangat membantu karena UAS UT semua tentang apa yang ada di modul sehingga soal ini dapat sahabat gunakan untuk bahan belajar. Dan pastinya ada kemungkinan soal-soal ini akan keluar di UAS nanti. meski tidak 100% ya Sahabat.

Dan soal yang Admin bagikan ini sudah ada kunci jawabannya ya. Jadi sangat membantu sahabat untuk memudahkan dalam belajar. Dan Admin juga menyediakan setiap soal dalam bentuk file dokumen PDF yang dapat sahabat download di akhir artikel ini


Soal UAS UT Ilmu Administrasi Negara Semester 1 lainnya :

Kami bukan hanya membagikan soal untuk semester 1 saja namun kita juga membagikan soal-soal Administrasi Negara lengkap dari semester 1 - 8 kunjungi artikel ini  SOAL UAS UNIVERSITAS TERBUKA PRODI ADMINISTRASI NEGARA SEMESTER 1-8


Soal Ujian UT Ilmu Administrasi Negara MKDU4111

1. Manifestasi dari kedaulatan yang dimiliki sebuah negara tercermin dalam berbagai sifat, diantaranya....
A. oligopoli
B. mencakup semua
C. tidak memaksa
D. berkonsep konkrit
Jawab:
B. Benar

2. Tujuan pendidikan kewarganegaraan diarahkan pada....
A. kelangsungan hidup satu generasi bangsa
B. pendidikan fisik
C. pendidikan militer bagi kaum pelajar
D. pembinaan sikap dan kemampuan bela negara
Jawab:
D. Benar

3. Pembangunan nasional sebagai wujud cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara dalam kerangka ketahanan nasional, diwujudkan sesuai dengan arahan kebijaksanaan dan strategi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional Republik Indonesia yang dirumuskan dengan jelas dalam...
A. propenas
B. pendidikan kewarganegaraan
C. visi dan misi kabinet Indonesia Bersatu
D. otonomi daerah
Jawab:
A. Benar

4. Dalam ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, ‘Bertanah air satu tanah air Indonesia’, secara hakikat menggambarkan konsep satu kesatuan...
A. biologis
B. geografi
C. politik
D. sosial budaya
Jawab:
B. Benar

5. Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik diantaranya adalah....
A. tingkat perkembangan ekonomi harus seimbang di seluruh daerah
B. terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama
C. secara psikologis bangsa Indonesia mempunyai satu tekad mencapai cita-cita bangsa
D. tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban sama dalam membela negara
Jawab:
C. Benar

6. Munculnya Angkatan “penegas” Sumpah Pemuda (Tahun 1928) menandai perubahan strategi perjuangan dalam melawan penjajah yakni dari strategi perlawanan bersenjata secara lokal menjadi strategi perjuangan dengan jalan....
A. pendidikan
B. sosialisasi lembaga koperasi
C. penyebaran agama Islam
D. asimilasi budaya melalui perkawinan antar ras atau suku bangsa
Jawab:
A. Benar

7. Kualitas yang menunjukkan kekuatan sebagaimana dipersepsikan pihak lain, adalah makna dari salah satu kata kunci dalam konsep ketahanan nasional yaitu...
A. integritas
B. tantangan
C. keuletan
D. ketangguhan
Jawab:
D. Benar

8. Dalam rangka menguatkan ketahanan gatra politik sistem ketahanan nasional, hal yang penting untuk dilakukan oleh bangsa dan negara RI adalah...
A. bersikap adil, hemat, sederhana, bekerja keras, dan menghargai hasil kerja orang lain
B. kebijaksanaan pemerintahan sesuai dengan tuntutan dan keinginan rakyat, sistem pemerintahan yang demokrasi dan politik luar negeri yang bebas dan aktif
C. landasan pembangunan nasional yang bertumpu pada kekuatan pertumbuhan perekonomian, pemerataan dan stabilitas ekonomi
D. moral dan watak bangsa dilandasi oleh ketakwaan dalam kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan TME
Jawab:
B. Benar

9. Contoh yang paling tepat dari penerapan strategi dewasa ini yang diterapkan dalam bidang di luar bidang militer, yakni....
A. politik, memenangkan parpol dalam pemilu
B. ekonomi, meminta pengusaha swasta untuk mendanai pemenangan calon pejabat dari partai politik tertentu
C. budaya, menjual barang hasil seni kriya ke negara lain
D. ideologi, melakukan kegiatan diplomasi dengan negara lain
Jawab:
A. Benar

10. Politik dan strategi nasional diimplementasikan pada pembangunan nasional dalam bentuk....
A. propenas
B. propeda
C. rencana pembangunan jangka menengah
D. rencana pembangunan jangka pendek
Jawab:
A. Benar

11. Dalam pengertian demokrasi, pemerintahan oleh rakyat (government by the people) berarti pemerintahan menjalankan kekuasaan atas nama...
A. kekuasaan negara
B. kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi
C. undang-undang
D. rakyat
Jawab:
D. Benar

12. Abad pertengahan masyarakat bercirikan feodalisme, ada pertentangan antara gereja dan kepala negara, ada penindasan terhadap hak asasi individu sehingga masa tersebut terkenal sebagai abad....
A. pencerahan
B. renaissance
C. kegelapan
D. revolusi
Jawab:
C. Benar

13. Dalam kurun waktu tahun 1959 – tahun 1965, pemerintahan RI melaksanakan praktik demokrasi...
A. Pancasila
B. parlementer
C. terpimpin
D. liberal
Jawab:
C. Benar

14. Prinsip dasar pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) yang dianut Indonesia sebagai amanat konstitusi, harus didasarkan kepada prinsip bahwa hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial budaya dan hak pembangunan merupakan...
A. hak yang terpisah satu sama lain dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya
B. hak yang mempunyai landasan hukum turunan dari UUD’45 dalam penerapan, pelaksanaannya, tetapi tidak pada pemantauannya
C. hak yang dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya tunduk sepenuhnya pada kemauan politik masyarakat tanpa campur tangan pemerintah
D. satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan baik dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya
Jawab:
D. Benar

15. Salah satu hak yang termasuk sebagai hak ekonomi adalah hak...
A. hidup
loading...
B. jaminan sosial
C. kesehatan
D. kemerdekaan mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan
Jawab:
B. Benar

16. Implementasi demokrasi dan HAM tidak akan bermakna dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat apabila tidak ditunjang dengan penegakan hukum dalam bidangnya, untuk itu, harus diciptakan budaya...
A. disiplin
B. hukum
C. pembelajar
D. politik
Jawab:
B. Benar

17. Pemerintahan oleh, dari, dan untuk rakyat di bagian wilayah suatu negara bangsa melalui lembaga-lembaga pemerintahan formal yang berada di luar pemerintah pusat, adalah definisi dari....
A. desentralisasi
B. otonomi daerah
C. dekonsentrasi
D. tugas pembantuan
Jawab:
B. Benar

18. Menurut paradigma politik, otonomi birokrasi publik tidak mungkin ada dan tidak akan berkembang karena dari rezim yang berkuasa ada kepentingan....
A. sosial
B. budaya
C. keilmuan
D. politik
Jawab:
D. Benar

19. Dalam pemerintahah RI, paradigma birokrasi yang sentralistik telah terbina begitu lama dan mendalam bagi beberapa aparat kunci di instansi pemerintah daerah; untuk itu perlu dilakukan....
A. kebijakan pemilihan kepala daerah (pilkada) hanya mengizinkan dari kalangan konsultan atau akademisi untuk memimpin daerahkebijakan pemilihan kepala daerah (pilkada) hanya mengizinkan dari kalangan konsultan atau akademisi untuk memimpin daerah
B. penataan lingkungan hidup di daerah
C. penerapan sistem birokrasi mesin secara konsisten pada instansi pemerintah daerah
D. reformasi administrasi publik di daerah
Jawab:
D. Benar

20. Pada era otonomi daerah maka orientasi kinerja pemerintahan sepatutnya mengedepankan kinerja pada ....
A. hasil awal
B. proses
C. input
D. tujuan
D. Benar

21. Salah satu subbagian dari elemen visi atau misi dalam pengembangan kapasitas pemerintahan (capacity building) adalah...
A. akuntabilitas publik
B. pengembangan moral dan etos kerja
C. penyusunan rencana strategis institusi pemerintahan
D. pengembangan jejaring Kabupaten/Kota
Jawab:
C. Benar

22. Penyebab perang menurut konsep ‘dunia yang mengerut’ adalah perang dapat terjadi akibat....
A. kemajuan teknologi transportasi yang memacu percepatan komunikasi antarmanusia sehingga manusia menjadi saling tergantung dalam seluruh aspek kehidupannya dan mudah terpengaruh akan adanya peperangan mengingat dunia terasa makin sempit
B. kemajuan ilmu pengetahuan teknologi telekomunikasi menyebabkan ide dan pendapat umum/opini mempercepat perubahan sosial
C. kemajuan teknik persenjataan, perang menjadi total sasaran penghancuran tidak hanya instalasi militer, tetapi semua yang ada di wilayah negara
D. peningkatan demokrasi dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat, membuat sebagian masyarakat merasa terancam kenyamanan dan kemakmurannya
Jawab:
A. Benar

23. Komponen dasar dari sishankamrata yang berfungsi untuk perlindungan rakyat dan melalui mobilisasi adalah ..
A. TNI
B. Cadangan TNI
C. Perlindungan rakyat (linmas)
D. Rakyat Terlatih
Jawab:
D. Benar

24. Perjuangan mengusir penjajah dalam perang kemerdekaan RI tahun 1945-tahun 1949, salah satunya dilakukan melalui....
A. TKR
B. Bantuan negara-negara asia dan afrika
C. Kekuatan diplomatik semata
D. pendidikan
Jawab:
A. Benar

25. Konteks bela negara mencakup semua bidang kehidupan tersebut (pancagatra) yang menjadi tanggung jawab....
A. Setiap warga negara
B. Pemerintah Pusat
C. Pemerintah Daerah
D. Organisasi Kepemudaan
Jawab:
A. Benar

26. Adanya keikutsertaan seluruh warga Negara sesuai kemampuan dalam komponen kekuatan hankamnas adalah cerminan salah satu sifat sistem hankamnas, yaitu ...
A. kesemestaan
B. kewilayahan
C. kerakyatan
D. kenegaraan
Jawab:
C. Benar

27. Kebijakan pemisahan Kepolisian RI dari ABRI dianggap sangat tepat, atas dasar pertimbangan...
A. menghindari kesalahan penanganan masalah politik dalam kehidupan masyarakat sipil
B. menghindari kericuhan politik nasional
C. menghemat biaya operasional pertahanan keamanan negara
D. sentralisasi komando pertahanan di tengah Presiden RI
Jawab:
A. Benar

28. Untuk mencapai tujuan menumbuhkan kesadaran bela negara serta kemampuan berpikir secara komprehensif integral melalui pendidikan kewarganegaraan, maka pendidikan kewarganegaraan membahas....
1). wawasan nusantara
2). ketahanan nasional
3). politik dan strategi nasional
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1 , 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

29. Peran wawasan nusantara adalah sebagai...
1). geopolitik bangsa Indonesia
2). sistem politik bangsa indonesia
3). geostrategi bangsa Indonesia
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

30. Ketahanan di bidang ekonomi merupakan mata rantai terlemah di antara mata-mata rantai ketahanan nasional Indonesia, mengingat banyaknya kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan pembangunan ekonomi yang bersumber pada ciri-ciri struktur ekonomi bangsa Indonesia yakni sebagian....
1). besar rakyat hidup dari sektor pertanian yang baru menggunakan teknologi sederhana
2). produksi nasional berasal dari pertanian sehingga banyak bergantung kepada alam
3). ekspor berupa bahan mentah yang banyak dipengaruhi oleh perubahan keadaan dunia
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

31. Dalam rangka pembinaan ketahanan nasional, seorang pemimpin bagi bangsa Indonesia yang majemuk, harus memiliki sikap dan perilaku, antara lain....
1). harus berdiri di atas segala paham, golongan atau kelompok kepentingan di Indonesia
2). menindas rakyatnya yang berbeda pendapat demi kepentingan stabilitas nasional
3). menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

32. Akibat globalisasi di mana hubungan umat manusia yang semakin kuat atau intens mempunyai dampak samping, antara lain....
1). tumbuhnya kesadaran hak asasi manusia
2). masyarakat Indonesia cenderung mulai banyak terkena penyakit degeneratif, misalnya jantung dan diabetes
3). demokratisasi dan kesadaran lingkungan hidup yang baik
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

33. Beberapa isu globalisasi yang harus dilihat dari sudut pandang Pancasila diantaranya ...
1). demokratisasi
2). penyatuan mata uang ASEAN
3). hak asasi manusia
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

34. Kelemahan-kelemahan gatra sumber kekayaan alam Indonesia, antara lain....
1). belum adanya data inventarisasi potensi dan penyebaran sumber kekayaan alam secara menyeluruh
2). belum sepenuhnya sumber kekayaan alam tersebut dimanfaatkan secara optimal
3). teknologi pengolahan yang masih rendah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

35. Kritik bagi demokrasi sebagai pilihan pemerintahan, antara lain pemerintahan....
1). akan dikendalikan oleh orang-orang kelas menengah dan tidak paham kebijakan negara
2). memberikan peluang untuk korupsi
3). ada manipulasi untuk kepentingan-kepentingan khusus politisi-politisi yang masuk dalam lingkaran dalam
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

36. Negara hukum sebagai salah satu unsur pendukung demokrasi memiliki ciri-ciri....
1). ada jaminan perlindungan HAM
2). tidak ada pemisahan kekuasaan dalam negara
3). terdapat supremasi hukum
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

37. Pada masa kelompok kedua yakni pasca Perang Dunia II, pemikiran HAM memiliki karakteristik berikut ini...
1). hak yuridis kurang mendapat perhatian
2). hak sosial budaya tidak mendapat perhatian
3). hak politik cukup menonjol
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

38. Wacana kontekstualitas budaya dalam pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) dikemukakan oleh Soepomo pada 31 Mei 1945 di sidang BPUPKI bahwa dalam konsep negara integralistik, prinsip-prinsip mendasar HAM itu tidak akan cocok untuk diterapkan mengingat prinsip-prinsip mendasar HAM....
1). mengambil nilai-nilai budaya barat yang individualis
2). adanya jaminan terhadap HAM justru mencerminkan sikap ketidak percayaan dan curiga terhadap kekuasaan
3). mencerminkan kekuasaan musyawarah untuk mencapai mufakat pada tingkat masyarakat umum tetapi kurang merefleksikan suara elit politik
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar

39. Secara operasional bentuk-bentuk hak asasi manusia (HAM) yang terdapat dalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, antara lain hak...
1). untuk hidup
2). berkeluarga dan melanjutkan keturunan
3). mengembangkan diri
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

40. Tindak kekerasan terhadap hak sosial ekonomi dan budaya, antara lain...
1). pelanggaran terhadap lingkungan hidup
2). pemiskinan secara struktural
3). proses pemiskinan
A. 1 dan2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

41. Peran capacity building sebagai strategi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dan responsivitas kinerja lembaga pemerintah dalam mewujudkan otonomi daerah, antara lain....
1). organisasi agar berfungsi lebih baik
2). perbaikan kualitas sumber daya manusia
3). perubahan konteks lingkungan yang dibutuhkan organisasi
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

42. Bentuk-bentuk persengketaan yang disebabkan oleh perbedaan pendapat, tujuan, dasar negara, terdiri dari persengketaan yang terjadi....
1). antarbangsa
2). di dalam negeri
3). dalam negeri yang menyangkut dasar negara
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

43. Penyebab sumber dari sebuah peperangan adalah...
1). perubahan dalam sistem nilai dan moral
2). perkembangan teknologi perang dengan ditemukannya senjata-senjata mutakhir
3). lahirnya manusia-manusia baru
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar

44. Tahap persiapan dalam perang pembebasan nasional meliputi ....
1). pengadaan latihan khusus
2). perusakan garis-garis komunikasi dan logistik
3). pencetusan kekacauan menjadi gerakan bersenjata di setiap daerah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

45. Berikut ini yang merupakan termasuk dalam sistem pertahanan yang berorientasi pada lingkungan suatu negara adalah berorientasi matra...
1). psikis
2). laut (maritim)
3). udara (dirgantara)
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
C. Benar

Soal Ujian UT Ilmu Administrasi Negara MKDU4110

1. Alasan bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia adalah ... .
A. merupakan bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. memiliki fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. memiliki sifat bersahaja
Jawab:
B. Benar, Bahasa Melayu pada saat itu sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai lapisan di banyak wilayah di Nusantara.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

2. Butir pertama sumpah pemuda berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawab:
D. Benar, Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

3. Bangsa Indonesia seharusnya memiliki kebanggaan dalam menggunakan bahasa IndonesiA. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
A. lambang kebanggaan nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Jawab:
A. Benar, Lambang kebanggaan nasional bermakna bangsa Indonesia selalu bangga akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.
Pembahasan:
Pembahasan mengenai hal tersebut terdapat pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

4. Contoh penggunaan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama adalah ... .
A. Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah adalah bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah adalah bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melakukan tawaf.
D. Kakbah adalah kiblat umat Islam ketika melakukan salat, bukan bangunan yang disembah.
Jawab:
D. Benar, Kakbah kata baku, terdapat dalam kamus.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 2

5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa adalah ujar atau lisan adalah ... .
A. ragam bahasa terdiri atas ragam lisan dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi sejak manusia pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak menggunakan bahasa lisan ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis hanya dapat digunakan oleh orang-orang terpelajar
Jawab:
B. Benar, Komunikasi sudah dilakukan manusia sejak Adam lahir dengan menggunakan bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.

6. Sebagai alat komunikasi, bahasa baru dikatakan efektif jika dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa adalah ... .
A. ujaran
B. tulisan
C. memiliki makna
D. memiliki fungsi
Jawab:
C. Benar, Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi adalah makna-makna yang diujarkan (bahasa).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

7. Sondang yang berasal dari Batak belum dapat melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Jawab:
B. Benar, Variatif adalah sifat bahasa dengan berbagai variasinya seperti dialek dan ideolek.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.

8. Mengapa hewan kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut semut bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis
Jawab:
C. Benar. Manusia sebagai sifat bahasa bermakna bahwa hanya manusia yang memiliki piranti berbahasa dalam tubuhnya.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

9. Menyimak dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini adalah keterampilan yang berupa kegiatan ... .
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. menyampaikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan teknik tertentu
Jawab:
B. Benar, Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan adalah kegiatan ... .
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Jawab:
A. Benar, Menyimak adalah kegiatan memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.

11. Ilustrasi ini menunjukkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dengan membaca.
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada acara pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang berisi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menyelesaikan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang berserakan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Jawab:
C. Benar, Penjelasan tersebut menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dan membaca.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.

12. Faktor intelegensi sangat berpengaruh terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak merupakan suatu kegiatan yang sulit
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak adalah kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar
Jawab:
C. Benar, Penyimak harus pandai memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.

13. Faktor kemampuan menarik kesimpulan sangat berpengaruh terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang memiliki kemampuan menyimak yang baik akan ... .
A. memberikan kesimpulan yang salah pada akhir kegiatan menyimak
B. menjelaskan isi simakan yang berbeda dengan bahan simakan
C. memberikan kesimpulan sesuai dengan bahan yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan bahan simakan
Jawab:
C. Benar, Sesuai dengan penjelasan rambu A.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan pada modul tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.

14. Kakak teman Pak Gatot dari Jember/ baru datang/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang tepat adalah ... .
A. Kakak/ teman Pak Gatot dari Jember baru/ datang tadi pagi.
B. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember baru datang/ tadi pagi.
C. alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember/ baru datang tadi pagi.
Jawab:
C. Benar, Yang baru datang tadi pagi adalah teman Pak Gatot dari Jember.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan belajar 1.

15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar adalah menyimak ... .
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Jawab:
D. Benar, Menyimak sekunder adalah kegiatan menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.
Pembahasan:
Pembahasan mengenai hal tersebut terdapat pada Modul 3, Kegiatan belajar 2.

16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan menyimak yang dilakukan para siswa adalah menyimak ... .
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Jawab:
D. Benar, Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, karena memerlukan daya konsentrasi yang memadai.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 2.

17. Membaca merupakan suatu proses merekonstruksi maknA. Artinya membaca adalah kegiatan ... .
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang dapat dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. menjelaskan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Jawab:
C. Benar, Proses merekonstruksi makna dalam membaca adalah menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif adalah sebagai berikut, kecuali... .
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata sulit
D. memahami informasi tersurat
Jawab:
B. Benar, Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1

19. Pengertian pemahaman literal dalam kegiatan membaca adalah kemampuan pembaca dalam memahami ... .
A. makna kata yang digunakan penulis
B. makna kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Pemahaman literal adalah kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan belajar 1.

20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek teknik CATU tepat untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Jawab:
B. Benar, Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, adalah ... .
A. bahan bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut merupakan karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

22. Tujuan membaca cepat dengan teknik skimming adalah ... .
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan agar dapat menceritakan isinya dengan baik
Jawab:
C. Benar, Teknik skimming digunakan dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1

23. Karakteristik karya ilmiah populer adalah ... .
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih ringan, mudah dimengerti, dan enak dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rambu A.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

24. Tesis adalah sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa program S1
C. mahasiswa program S2
D. mahasiswa program S3
Jawab:
C. Benar, Seorang mahasiswa program S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

25. Contoh karya ilmiah populer berbentuk deskriptif- ekspositoris adalah ... .
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian tentang ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Jawab:
A. Benar, Tulisan yang berisi hal tersebut akan mengupas secara mendalam tentang kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal adalah ... .
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Kemampuan tersebut merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

27. Seorang pembaca yang memiliki tingkat pemahaman interpretatif mampu ... .
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Jawab:
C. Benar, Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.
Pembahasan:
Anda dapt melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan belajar 1.

28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik kejadian yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat cerita atau puisi berdasarkan bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Jawab:
D. Benar, Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar adalah 26 bukan tanggal 25).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

29. Setelah membaca bacaan yang berisi tingkah laku seekor hewan yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi tentang kebesaran Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Jawab:
D. Benar, Tingkat pemahaman kreatif mampu mencipta karya baru berdasarkan isi bacaan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian adalah Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut telah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas adalah ... .
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Jawab:
B. Benar, Kata kunci wacana tersebut adalah teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan belajar 1.

31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawab dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. Dengan demikian, dikatakan Sella memiliki kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah tulisan adalah menilai organisasi tulisan yaitu ... .
A. pendahuluan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Jawab:
A. Benar, Organisasi dasar sebuah tulisan meliputi bagian pendahuluan, isi, dan penutup.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 2

33. Dengan berbicara seseorang dapat menyatakan perasaan dan pikirannyA. Pernyataan ini menjelaskan bahwa berbicara merupakan kegiatan ... .
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Jawab:
B. Benar, Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.

34. Salah satu contoh konteks fisik yang berpengaruh terhadap kegiatan berbicara nonformal adalah ... .
A. peserta komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Jawab:
A. Benar, Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik seperti iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah peserta komunikasi.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.

35. Para pahlawan nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahiD. Kata yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong pada kalimat tersebut adalah ... .
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Jawab:
A. Benar, Kata yang tepat untuk para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya adalah ‘gugur’.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, karena ... .
A. dapat membantu pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan hubungan psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. dapat mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih fokus
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Jawab:
B. Benar, Pandangan mata dapat menumbuhkan hubungan psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara adalah ... .
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. berlatih
D. membuat simpulan
Jawab:
A. Benar, Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

38. Isi bagian pembuka sebuah tulisan yang baik adalah ... .
A. pengantar menuju inti persoalan yang hendak disajikannya pada bagian isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Jawab:
A. Benar, Bagian pembuka sebuah tulisan yang baik akan berisi pengantar tentang apap yang akan dituangkan di dalam bagian isi.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, kegiatan belajar 1.

39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif adalah memiliki bentuk yang sejajar, contohnya adalah ... .
A. Dia belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli bahan makanan, memasak, dan menyajikan makanan tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun masalah yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Jawab:
C. Benar, Kalimat tersebut contoh kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penggunaan kata berawalan/kata kerjanya).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tentang hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 1.

40. Sebuah tulisan dikatakan baik jika kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi bingung dan dapat menimbulkan salah penafsiran, seperti contoh berikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas adalah ... .
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Jawab:
B. Benar, Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

41. Unsur-unsur bahasa berikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. semua kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Jawab:
C. Benar, Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain merupakan ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

42. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek adalah bagian kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara tentang predikat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2

43. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang digunakan dalam mengembangkan paragraf di atas adalah … .
A. secara alamiah
B. klimaks
C. perbandingan
D. sebab akibat
Jawab:
A. Benar, Paragraf tersebut dikembangkan dengan menggunakan teknik alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

44. Indonesia merupakan satu-satunya negara paling aneh di duniA. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak dapat diukur oleh garpu talA. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat perilaku bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi senang sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf tersebut adalah pengembangan ... .
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. sebab akibat
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua dan seterusnya merupakan penjelasan berupa contoh-contoh tentang keanehan yang ada di Indonesia.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi gunung dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali mampu menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf di atas adalah pengembangan ... .
A. deduktif
B. induktif
C. klimaks
D. antiklimaks
Jawab:
A. Benar, Kalimat pertama berisi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat berikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

46. Membaca adalah kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah bagian inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok masalah atau tema tulisan
D. gaya yang digunakan penulis dalam tulisannya
Jawab:
C. Benar, Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan masalah yang diungkap dalam buku.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

47. Abstrak adalah ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ... .
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang digunakan lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya berisi masalah, tujuan, kesimpulan dan saran
D. riwayat hidup penulis
Jawab:
D. Benar, Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 1.

48. Resensi dapat diartikan sebagai ... .
A. tulisan dalam bentuk buku
B. tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang digunakan sebagai ilustrasi sebuah buku
D. lukisan/gambar yang digunakan sebagai sampul depan sebuah buku
Jawab:
B. Benar, Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.
Pembahasan:
Anda dapat melihat Pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

49. Resensi biasanya disusun dengan menggunakan pola sebagai berikut ... .
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Jawab:
A. Benar, Sistematika penulisan resensi pada umumnya menggunakan pola tersebut.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi adalah … .
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil bagian penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil bagian yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Jawab:
B. Benar, Bagian-bagian buku yang dipotong adalah bagian yang penting dan menarik, kemudian direkatkan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2

51. Penulisan resensi yang berfokus pada bagian yang sangat penting atau sangat menarik adalah penulisan yang menggunakan teknik ... .
A. cutting and glueing
B. comparing
C. focusing.
D. scanning
Jawab:
C. Benar, Teknik untuk kegiatan seperti itu disebut teknik comparing.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis adalah ... .
A. bahan-bahan yang akan digunakan di dalam kegiatan menulis
B. alat-alat yang akan digunakan di dalam kegiatan menulis
C. rencana atau rancangan yang berisi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis
D. ide atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah masalah yang akan ditulis
Jawab:
C. Benar, Kerangka karang merupakan rencana berupa strategi dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan pada Modul 9, Kegiatan Belajar 1.

53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang tepat adalah … .
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
Jawab:
D. Benar, Perhatikan semua rambu (A, B, dan C)
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.

54 ... Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya adalah ... .
A. Lis berpendapat bahwa, “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
B. Lis berpendapat (2000: 14) ; “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
C. Lis berpendapat bahwa “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
D. Lis (2000: 14) berpendapat bahwa “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
Jawab:
D. Benar, Terdapat nama tokoh, tahun terbit, tanda kutip disusun sesuai kaidah.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.


Download Soal UAS UT 

Untuk Sahabat yang ingin mendownload file dokumen PDF bisa klik link dibawah ini.
Cara Download
1. klik link nya
2. Klik pada kotak I'm Not a Robot
3. Selesaikan Chapcha sesuai perintah
4. Lalu tunggu 5 detik klik Get Link 2 kali (jika belum muncul tampilan google drive klik Get Link lagi)
5. Sampai masuk di halaman file (Google Drive)
6. Klik download seperti biasa
NB : apabila muncul web lain (iklan) abaikan saja. kembali lagi ke halaman Get Link



Tambahan : Jika ingin melakukan cetak file dokumen, hubungi terlebih dahulu Adminnyaa untuk mendapatkan password akses cetak dan edit file dokumen

Semoga dengan mempelajari Soal-Soal diatas dapat membantu Anda memahami isi Modul dan semoga mendapatkan Nilai yang baik. karena di Universitas Terbuka UAS adalah hal kunci untuk mendapatkan nilai IPK yang Baik
Sekian dulu postingan tentang artikel ini semoga bermanfaat dan saya mohon atas kritik yang membangun agar blog ini dapat berkembang dengan baik

Sumber : https://www.contohsoalujian.com

1 komentar:

avatar
Balas